Museum Desa Bedingin Sebuah Imajinasi Masa Lalu

by - Saturday, February 18, 2017

alqur'an dan kitab ambyo tulisan tangan kuno
Imajinasi adalah hal yang membuat peradaban manusia bergerak maju. Tanpa imajinasi tidak akan ada penemuan-penemuan hebat dalam peradaban manusia. Imajinasi tidak hanya tentang masa depan. Imajinasi tentang masa lalu membuat peradaban bergerak untuk mengulang, memperbaiki dan mewujudkannya dalam format yang baru. Museum adalah tempat dimana imajinasi masa lalu berada.
 
Dengan banyaknya benda-benda dan dokumentasi masa lalu yang ada di dalamnya, sebuah museum adalah pusat imajinasi tentang masa lalu. Hari ini ada dan hadir karena masa lalu. Baik dan buruknya hari ini adalah persoalan masa lalu, untuk itu imajinasi masa lalu menjadi sangat penting untuk memberikan referensi-referensi untuk berkreasi yang lebih baik.
nampan perunggu kuno
Gagasan museum desa adalah gagasan yang berpijak pada penghadiran ruang imajinasi bagi masyarakat dan generasi-generasi muda desa. Namun museum desa ini tidak hanya tentang imajinasi, museum desa juga ini diharapkan akan menumbuhkan kesadaran potensi desa dengan benda-benda masa lalu yang ada dalam museum. Kesadaran potensi desa merupakan ketahanan budaya desa. Ketahanan budaya yang menumbuhkan rasa percaya diri dalam berkreasi mengembangkan potensinya.
gambar design museum desa bedingin

Gagasan museum desa ini akan diwujudkan di Desa Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Pencanangan museum desa sudah dilakukan pada tanggal 29 Januari 2017 dalam acara Kenduri Besar Bedingin. Desa Bedingin merupakan sebuah desa yang berjarak 20 km dari pusat kota ponorogo dan terletak di tenggara kota ponorogo. Di desa bedingin inilah terdapat sebuah situs sejarah yang bernama sirah keteng. Situs ini menurut beberapa artikel merupakan peninggalan kerajaan panjalu pada masa Sri maharaja Jayawarsa Djigjayasastraprabu sekitar abad X-XI. Dengan latar sejarah yang sedemikian kuat, sangat tepat jika gagasan museum desa ini akan diwujudkan di desa bedingin.


VISI : Membangun ketahanan budaya melalui kesadaran sejarah masyarakat desa bedingin.

MISI : Menggali nilai-nilai kearifan lokal dan membangun wisata sejarah dan budaya melalui museum desa.   
peralatan dapur berumur diatas 50tahun

Museum ini diproyeksikan akan diresmikan setahun setelah pencanangan yaitu tanggal 29 Januari 2018.       

Penulis Nur Azis W
Foto Shandy A A Miraza
Design Edi Sukamto (tato)
Gambar 3D Azis Ahmad

Team #senimanmasukdesa
#bedinginbungah
  

You May Also Like

0 comments