budaya
Jaran Tek
Budaya ponorogo banyak sekali yg belum ter ekspose bukan hanya reog ternyata banyak sekali salah satunya Jaran Tek Minggu 25 Agustus 2013 dalam rangka memeriahkan hari kemerdkaan RI di gelar acara pagelaran budaya reog, jaran tek, gajah2 an musik dan hiburan lainya, kali ini kami mengupas tentang Jaran Tek. coba kita liat dari sejarahnya.
Seni jaranan itu mulai muncul sejak abad ke 10 Hijriah.
Tepatnya pada tahun 1041. atau bersamaan dengan kerajaan Kahuripan dibagi
menjadi 2 yaitu yaitu bagian timur Kerajaan Jenggala dengan ibukota Kahuripan
dan sebelah Barat Kerajaan Panjalu atau Kediri dengan Ibukota Dhahapura.
Raja Airlangga memiliki seorang putri yang bernama Dewi
Sanggo Langit. Dia adalah orang kediri yang sangat cantik. Pada waktu banyak
sekali yang melamar, maka dia mengadakan sayembara. Pelamar-pelamar Dewi Songgo
Langit semuanya sakti. Mereka sama-sama memiliki kekuatan yang tinggi. Dewi
Songgo Langit sebenarnya tidak mau menikah dan dia Ingin menjadi petapa saja.
Prabu Airlangga memaksa Dewi Songgo Langit Untuk menikah. Akhirnya dia mau
menikah dengan satu permintaan. Barang siapa yang bisa membuat kesenian yang
belum ada di Pulau Jawa dia mau menjadi suaminya. Ada beberapa orang yang ingin
melamar Dewi Songgo Langit. Diantaranya adalah Klono Sewandono dari Wengker,
Toh Bagus Utusan Singo Barong Dari Blitar, kalawraha seorang adipati dari
pesisir kidul, dan 4 prajurit yang berasal dari Blitar. Para pelamar
bersama-sama mengikuti sayembara yang diadakan oleh Dewi Songgo Langit. Mereka
berangkat dari tempatnya masing-masing ke Kediri untuk melamar Dewi Songgo
Langit.
Dari beberapa pelamar itu mereka bertemu dijalan dan
bertengkar dahulu sebelum mengikuti sayembara di kediri. Dalam peperangan itu
dimenangkan oleh Klana Sewandono atau Pujangganom. Dalam peperangan itu
Pujangganom menang dan Singo Ludoyo kalah. Pada saat kekalahan Singo Ludoyo itu
rupanya singo Ludoyo memiliki janji dengan Pujangganom. Singa Ludoyo meminta
jangan dibunuh. Pujangganom rupanya menyepakati kesepakatan itu. Akan tetapi
Pujangganom memiliki syarat yaitu Singo Barong harus mengiring temantenya
dengan Dewi Sangga Langit ke Wengker.
Iring-iringan temanten itu harus diiringi oleh jaran-jaran
dengan melewati bawah tanah dengan diiringi oleh alat musik yang berasal dari
bambu dan besi. Pada jaman sekarang besi ini menjadi kenong. Dan bambu itu
menjadi terompet dan jaranan.
Dalam perjalanan mengiringi temantenya Dewi Songgo Langit
dengan Pujangganom itu, Singo Ludoyo beranggapan bahwa dirinya sudah sampai ke
Wengker, tetapi ternyata dia masih sampai di Gunung Liman. Dia marah-marah pada
waktu itu sehingga dia mengobrak-abrik Gunung Liman itu dan sekarang tempat itu
menjadi Simoroto. Akhirnya sebelum dia sampai ke tanah Wengker dia kembali lagi
ke Kediri. Dia keluar digua Selomangklung. Sekarang nama tempat itu adalah
selomangkleng.
Karena Dewi Sonmggo Langit sudah diboyong ke Wengker oleh
Pujangganom dan tidak mau menjadi raja di Kediri, maka kekuasaan Kahuripan
diberikan kepada kedua adiknya yang bernama Lembu Amiluhut dan Lembu Amijaya.
Setelah Sanggo Langit diboyong oleh Pujangganom ke daerah Wengker Bantar Angin,
Dewi Sanggo Langit merubah nama tempat itu menjadi Ponorogo
Jaranan muncul di kediri itu hanya untuk menggambarkan boyongnya dewi Songgo langit dari kediri menuju Wengker Bantar Angin. Pada saat boyongan ke Wengker, Dewi Sangga Langit dan Klana Sewandana dikarak oleh Singo Barong. Pengarakan itu dilakukan dengan menerobos dari dalam tanah sambil berjoget. Alat musik yang dimainkan adalah berasal dari bambu dan besi. Pada jaman sekarang besi ini menjadi kenong.
Untuk mengenang sayembara yang diadakan oleh Dewi Songgo
Langit dan Pernikahanya dengan Klana Sewandono atau Pujangga Anom inilah
masyarakat kediri membuat kesenian jaranan. Sedangkan di Ponorogo Muncul Reog.
Dua kesenian ini sebenarnya memiliki akar historis yang hampir sama. Seni
jaranan ini diturunkan secara turun temurun hingga sekarang ini.
Jaranan Dan Mistis
Jaranan pada jaman dahulu adalah selalu bersifat sakral. Maksudnya selalu berhubungan dengan hal-hal yang sifatnya gaib. Selain untuk tontonan dahulu jaranan juga digunakan untuk upacara-upacara resmi yang berhubungan dengan roh-roh leluhur keraton. Pada jaman kerajaan dahulu jaranan seringkali ditampilkan di keraton.
Jaranan pada jaman dahulu adalah selalu bersifat sakral. Maksudnya selalu berhubungan dengan hal-hal yang sifatnya gaib. Selain untuk tontonan dahulu jaranan juga digunakan untuk upacara-upacara resmi yang berhubungan dengan roh-roh leluhur keraton. Pada jaman kerajaan dahulu jaranan seringkali ditampilkan di keraton.
Dalam praktek sehari-harinya para seniman jaranan adalah
orang-orang jaranan yang masih taat kepada leluhur. Mereka masih menggunakan
danyangan atau punden sebagai tenpat yang dikeramatkan. Mereka masih memiliki
kepercayaan yang tinggi terhadap roh-roh nenek moyangnya. Mereka juga masih
melaksanakan praktik-praktik slametan seperti halnya dilakukan oleh orang-orang
dahulu.
Dalam perkembanganya kesenian jaranan mengalami pasang
surut. Hal ini disebabkan kondisi social masyarakat yang sudah berubah dalam
memaknai dan mengambangkan jaranan. dari tahun-ke tahun jaranan mulai berubah
dari yang sifatnya tuntunan menjadi tontonan dan yang paling menarik adalah
jaranan sebagai alat untuk menarik simpatisan dan untuk pengembangan
pariwisata.
demikian sekelumit liputan dari kami semoga bisa menambah wawasan kita semua
sumber : sejarah ponorogo
foto : Shandy
Post a Comment
0 Comments