Wednesday, July 20, 2016

LATAR (Layar Tancap Rakyat) di Desa Binade Kecamatan Ngrayun Ponorogo


Jerih payah menaiki jalan desa yang berliku dan naik turun terbayar sudah, Desa Binade nan permai berada di perbukitan di wilayah kecamatan Ngrayun. Binade desa kecil dan kontur tanah desanya naik turun, berkelok dengan jalan beraspal sempit penuh lubang, tapi penuh kesan dengan puncak-puncak bukit hijau yang tersebar ditiap sudut desa menyambut. Jalan-jalan desa Binade begitu lengang, tak banyak kendaraan, hanya beberapa warga yang ngumpul melepas lelah dari ladang bercengkrama. 


Desa Binade ini bisa dijangkau melalui dua jalur, dari Slahung melewati Mrayan dan dari Gemah Harjo Kabupaten Pacitan yang langsung bisa sampai ke Binade. Kedua jalur ini jaraknya hampir sama, tapi jika ingin lebih nyaman bisa memilih jalur dari Gemah Harjo, karena lumayan lebih landai.

Desa yang mungkin sangat  tidak akrab ditelinga ini lah kemudian menjadi pilihan titik kedua event LATAR ( Layar Tancap Rakyat ) dalam rangka Road to FEFO 2016. Memang tidak salah memilih desa Binade, bahkan diluar pengharapan. Layar tancap 2x3 meter yang dibentangkan pun langsung disambut dengan antusiasme warga yang hangat.  Lampu sorot proyektor menembus kabut tipis dan dinginnya hawa desa ini, menerpa layar yang membentang diantara puncak-puncak bukit.
 
Senda gurau dan sapa hangat nan tulus dari para warga membuat semakin meriah event Layar Tancap Rakyat yang menampilkan film-film dari para sineas muda Ponorogo ini. Keakraban ini semakin syahdu ditemani bulan purnama lengkap dengan kopi dan jajanan tradisional masyarakat desa yang disediakan secara gratis. Kerjasama yang seru nan asyik dari Pemerintah Desa Binade dan juga dari Karang Taruna Desa Binade Bina Taruna semakin membuat event Layar Tancap Rakyat ini sungguh mengesankan
Liputan & Foto Sigid Wisnu
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: