Wisata Alam Gunung Bedes Ponorogo

spot utama gunung bedes

Nama yg unik dan mengundang pertanyaan, terletak di Dusun Buyut Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko Ponorogo Jawa Timur.

spot foto favorit

Satu lokasi pegunungan di mana kita bisa memandang luas ke area Gunung Bayang Kaki yg menjadi POI, hamparan pepohonan yg hijau mengoda mata kita untuk berlama lama di spot ini, bongkahan batu besar juga menambah keinginan para muda mudi untuk menaiki nya, dan hanya yg mempunyai keberanian dan skil memanjat walau sedikit cukuplah memacu adrenalin kita.

view bayang kaki dari pinggir tebing gunung bedes
Sarang Kera atau masyarakat setempat menyebutnya "bedes" di puncak bukit terdapat sisa bongkahan batu mirip kursi menghadap ke gunung bayang kaki, dahulu "kursi batu" itu adalah "sarang" tempat berkumpulnya kera atau bedes dikarenakan populasi nya terus bertambah dan merusak tanaman pisang buah dan sayur masyarakat setempat, oleh penduduk "sarang" tersebut dirusak dan hanya berbekas kaki2 kursi batunya saja, juga populasi kera berkurang lumayan banyak. begitu yg diceritakan oleh Supriyanto salah seorang penduduk yg bertempat tinggal tepat di pintu masuk menuju Gunung Bedes.

Ketika kami menuju lokasi terlihat beberapa kera yg bergelantungan di kejauhan. Jalan menuju lokasi masih jalan tanah, penunjuk arahpun masih belum terlihat, ketika kemi ber tanya ke salah seorang bapak yg mempunyai toko di balik bukit jalan menuju ke lokasi, beliau balik bertanya "kok akhir2 ini sering sekali muda mudi mengunjungi gunung bedes ya mas ada apa?
dengan senyum kami menjawab nama gunung ini sekarang lagi jadi trending topik pak hehehehe.
View dari atas memang keren banget, sayang klo di lewatkan.

belok kiri setelah pasar Sawoo
Dari pasar Sawoo belok ke kiri (jalan menurun) menuju pertigaan Tumpak Pelem berjarak +/- 7Km, setelah sampai di pertigaan ambil jalan kiri menuju pasar Narang Temon berjarak +/- 3Km,
per tigaan temon ke kiri (menurun)

jalan menuju per 3 an Temon

dari pasar narang ambil jalan ke kanan (makadam) ikuti jalan itu sampai di Dusun Buyut Desa Ngadirojo Rumah Ibu Sriani,
pasar Narang Temon

pertigaan Pasar Narang ke kanan

pertigaan pasar Narang

view menuju lokasi

di rumah itu kita parkir motor dan lokasinya tepat berada di samping rumah jalan tanah setapak sejauh +/- 500m.
Rumah Ibu Sriani jadi tempat memarkir motor pengunjung
 Walau tempatnya dan viewnya cakep gunung bedes sangat berbahaya salah sedikit bisa jatuh ke jurang batu yg sangat dalam saran kami tetap jaga keselamatan, jangan lupa membawa air mineral karena diatas tidak ada sumber air plus bawa turun sampah plastik dan kaleng ke bawah untuk kelestarian dan kebersihan gunung bedes salam #lostworld #ponorogo