28 Jenis Ikan Lokal (native) di Ponorogo

 

Hampala Macrolepidota / Ngongok

Alhamdulillahh, akhirnya selesai juga database ikan lokal yang ada di Ponorogo. Database yang masih sangat sederhana


Database ini hanya dibuat berdasarkan pengamatan, pengalaman memelihara dan yang pasti sharing dengan mentor dan sesama kawan pemancing. Jadi, database ini bukan karya ilmiah ya, dan juga bukan jurnal penelitian jauhhhh. Database ini juga banyak keterbatasan, karena hanya menggunakan aplikasi sederhana, storyart

Photo di database ini sebagian besar merupakan koleksi pribadi. Karena keterbatasan dokumentasi, beberapa photo terpaksa mengambil dari internet seperti nilem, sidat, sili, betutu, gabus. Ada juga yg merupakan photo dari kawan pemancing yairu bader dan mahser.
Ada ikan lokal yang saya yakin masih ada di Ponorogo tp karena keterbatasan informasi akhirnya tidak berani saya tulis, yaitu ikan kepala timah.
Database ini mungkin bisa digunakan sebagai bahan diskusi, atau sekedar obrolan ringan. Entah database ini bermanfaat atau tidak, yang jelas saya senang membuatnya dan saya menikmati prosesnya.

Setidaknya bisa menumbuhkan kecintaan kita kepada ikan lokal Ponorogo yang beraneka ragam. Harapan lebih jauh semoga bisa meningkatkan kesadaran untuk menghentikan penangkapan ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan seperti setrum dan racun/potas.
Monggo kritik, saran maupun tambahan informasinya
😊
Catatan
Ikan Native : ikan yang mendiami suatu ekosistem secara alami yang kehadirannya tanpa campur tangan manusia.
Ikan Introduksi : ikan yang berkembang biak diluar habitat aslinya dengan campur tangan manusia, baik disengaja maupun tidak (contoh : Derbang di Ponorogo)

Post a Comment

0 Comments