Air Terjun Toyomerto / Selorejo Pupus Ngebel

by - Friday, February 05, 2016

Air Terjun Toyomerto /Selorejo Pupus Ngebel
Air Terjun Toyomerto atau Selorejo  terletak di Dusun Toyomerto Desa Pupus Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur.
 
Berjarak kurang lebih 5 (lima) kilometer dari lapangan kecamatan Ngebel ke arah timur. Menuju ke air terjun ini medannya Naik Turun ber kelok kelok, Kanan kiri jalan terdapat tebing yang curam.
Sepanjang jalan kita akan menjumpai beberapa perkampungan di tengah tengah hutan pinus. View telaga ngebel dari puncak jalan akan terlihat begitu jelasnya.



Air Terjun Toyomerto atau Selorejo terdiri dari 2 (dua) tingkat air dalam satu aliran yg jatuh dari tebing batu. Masing-masing tingkatan mempunyai ketinggian 25 sampai 30 meter.
 


Air terjun ini berada di antara dua bukit yg berhadapan. Penduduk  menyebut ke 2 (dua) bukit itu gunung Nglengko dan Gunung Manyutan. Keduanya terletak di pegunungan Wilis yg melintang dari Madiun sampai Ponorogo. Air terjun ini berasal dari mata air di gunung Manyutan. Apabila ditelusuri air terjun ini bermuara di kali Catur yg mengalir ke arah Madiun.
air terjun toyomerto /selorejo

Stelah sampai di jembatan perbatasan Ponorogo dan Madiun ada tanah lapang atau warung sebagai tempat parkir kendaraan, dilanjut melintasi jalan setapak  sejauh kurang lebih 300m dari jalan desa. Di kanan-kirinya terdapat tanaman kopi penduduk.

Foto & Artikel : Shandy A A Miraza

You May Also Like

0 comments