Monday, October 19, 2015

Cumbri Wisata 638mdpl Sampung Ponorogo


Cumbri terletak di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tepatnya Desa Pager Ukir, Sampung, Ponorogo dan  Desa Biting, Purwantoro, Wonogiri.

Biting ini adalah daerah yang terbagi ke dalam wilayah Wonogiri dan Ponorogo. Untuk menuju ke Bukit Cumbri bisa melalui jalur Purwantoro - Bulukerto, atau Purwantoro - Ponorogo. Jalanannya sudah lumayan bagus, hanya pastikan saja kendaraan dalam kondisi prima. Karena , seperti halnya daerah perbukitan, jalanan naiknya lumayan.


Dari tempat parkir ke puncak Cumbri di tempuh dengan jalan kaki yang lumayan. Parkir pun harus dititipkan di rumah - rumah penduduk sekitar. Kalau bawa mobil, parkir saja di pinggir jalan. Karena tidak ada tempat khusus untuk parkir.

Jalur naik ke Cumbri seperti halnya jalur naik gunung atau bukit, lumayan menguras tenaga. Jadi kondisi harus fit, tidak lupa harus bawa air putih yang cukup. Dengan medan yang cukup menantang ditambah sedang musim kemarau seperti ini pasti gampang haus. Jangan sampai  dehidrasi.
Tidak terlalu di rekomendasikan tempat ini ketika musim penghujan.

Cumbri sangatlah gersang tanaman yang hidup di sana hanyalah pohon jambu mete atau jambu monyet dan rumput-rumputan saja.

Penduduk di Cumbri sangatlah ramah, sopan santun dan lugu, untuk air bersih disana tergolong  sangatlah minim karena di Cumbri tidak ada sumber air yang memadahi cuma ada tetes-tetes sering kekurangan air bersih, hanya  yang keluar dari sela-sela bebatuan padas yang tandus itupun hanya musim-musiman


Di bukit Cumbri ada 2 puncak yang kiri lebih rendah dari yang kanan. Jangan lupa, kalo di puncak harus ekstra hati - hati, kenapa?  karena puncak Cumbri tidak datar.  Kanan kirinya curam.
Puncak Cumbri mempunyai susunan batuan di mana salah satu batuannya ada yang lebih tinggi dari yang lain.

Yang pasti pemandangan dari sini keren banget. Dari puncak inilah kita bisa melihat bukit - bukit yang lain. Bukit Cumbri inimemiliki ketinggian 638 mdpl. Untuk yang sudah terbiasa hiking, tidak akan masalah. Untuk pemula, bukit Cumbri bisa dijadikan tempat "latihan" hiking.


Untuk wisata fotografi kami merekomendasikan waktu pagi.


Kendala utama untuk wisata baru seperti ini adalah sampah, jadi jangan lupa bawa sampahmu turun dari puncak cumbri.



Team Beku Institute
Foto Damar Sasongko
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: