Monday, January 25, 2016

Air Terjun Kali Malang Temon Sawoo Ponorogo

Air Terjun Kali Malang Temon
Berada di desa Temon Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo, Daerah ini terdapat aliran besar sungai yang panjang, beberapa titik aliran sungai terdapat air terjun diseratai bebatuan besar yang begitu mempesona, salah satunya Air Terjun Kali Malang, oleh penduduk sekitar dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga dan pengairan sawah warga sekitarnya, terdapat beberapa pipa besar yang dialirkan ke pemukiman warga.



Kontur Batu Air Terjun Kalimalang
Tempat ini juga dimanfaatkan oleh anak anak kecil dan pemuda desa berenang dan bermain di sekitarnya, ada beberapa kubangan yg mempunyai kedalaman sampai 7 meter dan banyak juga mempunyai kedalaman kurang dari 1 meter, bila bermain di sini hati hati dan bertanyalah pada guide /pengantar yang sudah disediakan di tempat parkir kendaraan, mereka terdiri dari kelompok anak muda karang taruna desa temon dengan gigih dan sukarela mengembangkan potensi wisata daerahnya.
Air Terjun Kalimalang
Lokasi Air Terjun Kali Malang Temon Sawoo ini  berdekatan dengan lokasi Air Terjun Kokok / Mlaten / Sendang Sawoo, jika Anda berkunjung ke sini Anda akan mendapatkan spot ini juga sebagai bonus dan tidak kalah bagusnya dengan spot utama.

Dengan rute dari pasar Sawoo belok ke kiri (jalan menurun) menuju pertigaan Tumpak Pelem berjarak +/- 7Km, setelah sampai di pertigaan ambil jalan kiri menuju Desa Temon berjarak +/- 3Km,rute ini bisa kita lalui sebelum ke obyek wisata Gunung Bedes.
 
Spot Menarik Air Terjun Kali Malang Temon

Karakter bebatuan besar dengan beraneka warna menjadi pemandangan khas wilayah ini. Persawahan padi, jagung umbi umbian banyak terdapat di sini. Tempat ini cocok untuk beristirahat melepas lelah setelah perjalanan dari spot utama, Sambil minum Es Degan Makan pecel lele daun jati yang bisa dipesan ke pengelola sebagai pelepas dahaga dan lapar. 
Air Terjun Kali Malang Temon Sawoo
Masalah sampah /perusakan wilayah dan corat coret merupakan masalah yang menghantui di setiap lokasi wisata, baik yang sudah dikelola /yang belum.

Bawa pulang/buang sampah bawaan Anda di tempat yang telah disediakan, bantu pengelola dengan menjaga kebersihan dan keindahan nya.

Liputan & Foto : Shandy A A Miraza
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: